Friday, 26 June 2015

Soal dan Jawaban Latihan Sejarah Indonesia Kelas XI

1.       Mengapa jepang banyak membentuk organisasi pergerakan di indonesia? Bagaimana dampaknya bagi bangsa indonesia?
Jawab:
Karena jepang ingin mempertahankan wilayah kekuasaan di indonesia, dengan dibentuknya organisasi ini jepang mengambil keuntungan sebagai sarana mobilisasi perang. Dampaknya bagi bangsa indonesia yakni membuat masyarakat menjadi lebih berkembang dalam megelola organisasi dalam memperjuangkan kemerdekaan.

2.       Mengapa rakyat indonesia mau menjadi anggota putera? Mengapa rakyat indonesia mau menerima jika putera dibubarkan? Dan organisasi apa yang paling menguntungkan?
Jawab:
-          Karena rakyat indonesia mengira pihak jepang benar-benar mau membantu indonesia dalam memperoleh kemerdekaan. Sebab, jepang bersikap sangat baik sehingga menarik simpati rakyat indonesia. Dengan demikian rakyat indonesia mau menjadi anggota putera dengan ambisi agar bisa menggelorakan semgat memperjuangkan kemerdekaan.
-          Karena rakyat indonesia tidak mempunyai kekuasaan untuk mempertahankan putera, sebab jepanglah yang membentuk putera serta berhak memutuskan apapun untuk putera, sementara rakyat indonesia menjadi anggota saja.
-          Semua organisasi pergerakan sangat menguntungkan bagi indonesia. Namun, mereka memberikan keuntungan pada berbagai macam bidang.

3.       Mengapa organisasi keibodan tidak boleh terpengaruh nasionalis?
Jawab:
Karena keibodan bergerak dibidang keamanan wilayah. Dengan demikian jepang melarang keibodan agar tidak terpengaruh nasionalis. Sebab jepang khawatir jika keibodan terpengaruh oleh nasionalis maka keibodan akan berusaha memperjuangkan kemerdekaan dan tidak memberikan kontribusi apapun bagi pihak jepang.

4.       Siapakah pemimpin organisasi MIAI, Masyumi, Putera, Keibodan, Seinendan, dan Jawa Hokokai?
Jawab:
-          Hasyim asy’ari
-          Soekarno, Moh. Hatta, K.H Dewantara, K.H Mansur
-          Soedirman
-          Gunseikan

-          Ahmad Yani

No comments:

Post a Comment