Saturday 4 July 2015

Batik Cirebon - Motif Pesisiran





Ø    Ciri dari batik ini biasanya lebih berani menampilkan warna cerah dan terang seperti: merah, kuning, hijau, biru, dsb. Hampir seperti batik Pekalongan. Adapun motifnya sebagian besar diambil dari flora dan fauna baik darat ataupun laut.


Ø    Perbedaan Batik Cirebon dengan Batik Pesisir Lain
Batik Cirebon merupakan salah satu batik pesisir namun sedikit berbeda, karena dipengaruhi oleh karakter penduduk pesisir pantai utara pulau Jawa yaitu memiliki jiwa yang terbuka dan mudah untuk menerima pengaruh asing. Didaerah pelabuhan biasanya banyak pedagang asing yang singgah hingga akhirnya tercipta akulturasi melalui pernikahan dengan penduduk lokal.

Batik Cirebon pesisir cenderung lebih banyak menerima pengaruh dari luar. Hal itu tampak jelas dari warna-warnanya yang lebih atraktif dan beraneka macam warna dan corak.
Batik cirebon Pesisiran, motif batik pesisiran menggunakan flora dan fauna baik dari darat maupun laut dan warnanya cenderung terang serta berwarna-warni. Beberapa motif batik cirebon pesisiran adalah Ganggeng, Taman Arum, Taman Laut, Pohon Kehidupan, Piring Selampad, Kelapa Setundun, Mawar Sepasang, dan lain-lain.
Setiap motif yang diciptakan memiliki makna/arti/ filosofi tersendiri. Sebagian besar filosofi tersebut akan kembali ditujukan  untuk manusia sebagai cermin kehidupan. Contohnya, motif ganggeng yang termasuk ke dalam jenis batik pesisiran. Ganggeng sendiri memiliki arti yaitu ganggang laut (alga), dalam batik cirebon ini mengandung filsafah yang mana tumbuhan ganggang yang lemah lembut di dalam air berperan untuk melindungi hewan-hewan kecil laut dari predator dan penunjang kehidupan sebagai bahan pangan manusia (ikan).
Maknanya bahwa dalam kehidupan kita berlaku lemah lembut bukan berarti lemah akan tetapi kita juga bisa melindungi dan berguna bagi orang lain. Sehingga orang lain akan merasa nyaman dengan adanya saling membantu dan tolong menolong dalam kebaikan Karena “Sebaik-baiknya orang adalah orang yang bermanfaat bagi orang lain“.
Sekarang kita telah mengetahui bahwa batik cirebon memiliki makna dalam setiap ceritanya. Seperti Motif batik pesisiran, batik cirebon ganggeng.

NAMA         : ZAIN FIKRI HANASTYONO
NOMOR      : 31

KELAS        : X MIA 3

No comments:

Post a Comment